1

10 Lagu Indonesia yang Bikin Baper

Ngomongin soal lagu pasti masing-masing orang memiliki selera yang berbeda. Ada yang senang dengan lagu-lagu baper, ada yang excited dengan aliran pop rock, dangdut garis keras dan masih banyak lagi.

Bisa saja, lagu rock justru di anggap lagu baper oleh sebagian orang. Kalau saya pribadi, lagu baper itu jatuhnya ke lagu mellow apalagi di dengar ketika hujan luruh membasahi bumi. Hingga kini, lagu baper menjadi trend musik hits di beberapa radio.

Berbeda dengan teman-teman saya, lagu baper bagi mereka, jenis lagu yang bukan hanya musiknya yang bikin baper atau jenis lagu mellow, bagi mereka lagu baper itu ketika liriknya sangat dalam, istilahnya ‘ngena’ banget ketika di dengarkan. Kolaborasi antara musik dan lirik lagu berkoloni menciptakan nuansa baper di hati. Itulah yang di sebut lagu baper.

Mau mengungkapkan perasaan kepada wanita idaman hati? hadiahi ia lagu baper! Pilih syair dalam lagu yang mampu mengoyak perasaannya*eaaaaa*.

Well, lagu baper! Apa sih baper itu sebenarnya? Heeeei, tolong doong beritahu ke mamak-mamak yang suka ngaku-ngaku kece ini definisi dari baper? Waktu zaman saya berjaya *weeeits* yang tenar tuh bapres! Namun jika ditinjau dari segi pemaknaan lebih mengarah ke “marah dalam hati” namun tetap menebar senyum kepalsuan. Tujuannya jelas doong, menjaga attitude wanita bermartabat yang doyan ngemil martabak.

Kadang kala penyiar radio juga memberi tahukan ke listenernya kalau misalnya sekarang ini kita lagi dengerin lagu terbaper sepanjang tahun 2017.

Berdasarkan kitab gaul, baper itu singkatan dari bawa perasaan. Contoh kalimatnya:

W : Lo kenapa Cung?

P : Lagi baper *sambil merhatiin kucing*

W : Ealaaaah emangnya kucing itu mukanya mirip mantan lo ya?

Jahadi secara lengkap, baper itu merupakan perasaan yang tidak sengaja datang menghinggapi relung hati dan menflash back memori yang tidak sepantasnya untuk direka ulang. Bahkan saat memandang kucing pun dihinggapi perasaan yang berjudul MENGENANG MANTAN. Errrrrrrgh! Demikianlah yang disebut baper.

Emang sih mendengarkan lagu-lagu mellow kadang kebawa perasaan apalagi kalau ditunjang dengan lirik yang seperti “GW BANGET!” seolah-olah gitu deh. Bahkan kalau menurut saya, yang bukan kategori lagu romantis pun kalau pembawaan lagunya melow dan slow pastinya langsung mengarah ke keterbaperan.

Sama seperti lagu-lagu di bawah ini :

Payung Teduh – Akad

Namun bila saat berpisah telah tiba
Izinkanku menjaga dirimu
Berdua menikmati pelukan di ujung waktu
Sudilah kau temani diriku

Sebait lirik yang sukses mbikin saya terkena baper! hahahaha. Lagu baper garis keras nih, hahahaha. Suer deh yaaa lagu yang pernah saya dengar waktu kawinan Raisa dan Hamish *emang situ di undang kawinannya Raisa ya? wkwkwkwk* ini emang bikin baper,cuuuy. Mohammad Istiqamah Djamad sebagai vokalis dengan suara serak-seraknya mampu menghipnotis pendengarnya.

Hivi – Pelangi

“Jangan anggap hatiku

Jadi tempat persinggahanmu

Untuk cinta sesaat”

Lagu baper dari Hivi ini mengajarkan kita untuk hati-hati deh sama orang yang hatinya lagi nafsi-nafsi. Andai bisa tertulis di jidatnya, pastinya akan nongol tulisan dengan font sebesar gajah bertuliskan “MENGENANG MANTAN” :D.

Sheryl Sheinafia – Sebatas Teman

Bukan sejenis lagu mellow sih. Tapi liriknya ngena banget bagi anak sekolahan atau kuliahan yang karena mereka sahabatan lalu di sorak-sorakin “tembaaaaaak.. tembaaaaaak.. tembaaaaaak” karena dilihat secara mata telanjang mereka cocok, bahkan karena kecocokan mereka ngalahin song song couple maka jadianlah mereka.

Namun, setelah dijalani, enakan teman ajah kali. Percuma juga ‘jalan’ tapi hatinya ndak ‘jalan’.

Virzha – Sirna

Penyanyi jebolan Indonesian Idol kini sukses dengan single ‘SIRNA’nya yang dirilis Februari 2017. Kalau menurut saya, lagu ini bercerita tentang seorang cowok yang mengajak pacarnya nikah dan DITOLAK! I dunno why alasannya apa. Mungkin masih ingin berkarir atau apalah apalah.

Kau buat sirna sudahlah
Harapanku, hidup bersamamu
Dulu, dirimu, diriku,
Kita menyatu tak lepas oleh waktu

Sejujurnya saya baper waktu nonton video klipnya sih. Ada semacam perasaan ‘ih, kalau posisi si Virzha ada di adik laki-laki saya gimana perasaan calon istrinya ya?’. Hancur banget pastinya. Dan lagu ini entah mengapa tidak sinkron antara judul lagu dengan video klip. Udah baper di video klip pas liriknya di dengar lebih seksama agak giiiimaaanaa gitu ya? Ah Sudahlah.

Gisel – Cara Melupakanmu

Aw aw aw aw aw aw aw lagunya nyentuh banget. Banget! Bangeeeeeet!

‘Tolong aku yang kini tak bisa kikiskan wajahmu, tatapmu, harummu

Ajariku cara lupakan semua tentang dirimu, dirimu, dirimu

Karena ku tak bisa sendiri’

Menceritakan tentang seorang perempuan yang cintanya bertepuk sebelah tangan dan gak bisa ngomong kalau “HELLOW MAMAS, IM CRASH INTO YOU LOOOOOOH“. Multifactor sih kenapa dia gak bisa ngomong. Dengerin lagu ini beneren memflashback zaman SMA saya yang cintanya juga bertepuk sebelah tangan,hahahahaha *curcol buwk?*

Saya yakin, siapapun yang punya kisah 11-12 sama lagu tersebut, bakalan baper dengar lagu ini. Yakin-sure-pasti! *Maksa*. Lagu baper banget ini mah!

Eka Gustiwa FT Nadya Rafika – Im Ok

Lagu mellow yang satu ini bener-bener bikin baper dan pergerakkan menjadi slow motion.

maafkan kali ini
aku harus tutupi
ku rasa kau tak perlu
tahu bahwa ku sedih

ku hanya bisa tersenyum
diam tanpa kata

saat ku bilang i’m ok
dalam hatiku menangis
ku hanya ingin kamu
yang ada di sisi

Asli deh iiiih. Menceritakan tentang persahabatan 2 insane yang berbeda jenis kelamin. Sahabatnya pacaran sama orang lain, sebenarnya its ok sih. Tapi karena kebiasaan selalu kemana-mana berdua, kerja PR berdua kecuali tidur dan ke kamar mandi kali yang gak boleh berdua menjadikan sisi hati sahabat yang ingin selalu diteman itu hilang!

Mau ngomong “I LAPH YU” pun rasanya sudah terlambat!

Winda Viska – Sempurnalah Hidupku

Selain bikin baper, lagu ini juga bikin nangis. Kesempurnaan hidup bukanlah apa yang terlihat, tetapi apa yang kita rasakan. Pesan dari lagu ini kuat banget bertempo lambat dengan iringan gitar, piano dan alunan cello yang sederhana dan indah. Berbahagialah.

hari ini aku
telah menemukan tempatku berlabuh
ya kamulah kasih
kamu seorang yang selalu ku impikan

genggamlah tanganku
kini aku milikmu

ku bahagia bersamamu
sempurnalah hidupku kini ada dirimu
kan ku jaga cinta ini
sampai akhir nanti kita berhenti bernafas

kau tak pernah letih
pahami aku, mengerti rasaku
kau buatku yakin kau terakhir untukku

ku bahagia bersamamu
sempurnalah hidupku kini ada dirimu
kan ku jaga cinta ini
sampai akhir nanti kita berhenti bernafas

ku bahagia bersamamu
sempurnalah hidupku kini ada dirimu
kan ku jaga cinta ini
sampai akhir nanti kita berhenti bernafas
kau sempurnakan hidupku

Adera – Muara

Siapa sih yang gak kenal Adera? Cowok yang suaranya oke banget! Kali ini doi mengeluarkan single berjudul MUARA. Awalnya sih saya bingung, MUARA apaan? muara sungai kah? atau muara hati? Setelah baca-baca artikel terkait singlenya, barulah saya ketahui bahwa lagu MUARA ini ciptaan kakaknya Adera. Based on true story ceritanya. Judulnya Muara karena nama cewek yang dimaksud memang adalah MUARA.

Lagunya tuh so sweet banget. Plus video klipnya juga so sweet. Menghidupkan sisi romantis pendengarnya. Liriknya juga maniiiiiis banget.

Semoga lagu MUARA ini menjadi sountrack hidup saya bersama pasangan dan anak-anak hingga maut memisahkan.

Kaulah matahariku dan kaulah samudra
Tempat hatiku bermuara

Tulus – 1000 Tahun Lamanya

Satu lagi lagu romantis kesayangan saya. 1000 tahun lamanya! Tulus!

Takkan pernah berhenti untuk selalu percaya

Walau harus menunggu seribu tahun lamanya

Biarkan terjadi wajar apa adanya

Walau harus menunggu seribu tahun lamanya

Selama apapun itu selama apapun itu

Aku kan setia menunggu

Lagu ini berkisah tentang cinta. Tepatnya mencintai seseorang secara tulus. Dia meminta agar orang yang ingin dicintainya itu tersebut tidak ragu. Dia akan sabar. Dia akan menunggu, meskipun harus seribu tahun lamanya.

Coba bilaang kalau lagu ini tidak mendatangkan keBAPERan?

Hivi – Apa Adanya

https://www.youtube.com/watch?v=AVPipML6hIY

Saya tau lagu ini dari tetangga sebelah rumah, yang bela-belain belajar cara install leptop sama pak suami demi menggaet hati cewek taksirannya, ckckckckk. Mengherankannya lagi, lagu opening leptop yang diinstalkan itu lagu Hivi Apa Adanya. Katanya, nembak cewek dan bilang ‘SAYA SUKA SAMA KAMU’ itu terlalu mainstream.

Jadi dia menggunakan taktik jenius dengan menginstalkan isi hatinya dalam leptop si cewek tersebut. Luuuuuar biasa!

****

Gimana? Udah pada baper belum sih? Yuks baper berjamaah *halaaah*! hahahhaa. Demikianlah 10 lagu baper versi raya makyus. Kalau ada yang lebih baper dari di atas, bisa tuliskan lagu bapermu di kolom komen yaaaa 😉

(Visited 35 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: