5

3 Destinasi Wisata Petualangan Menarik Bersama Anak di Lembang Bandung

Lembang. Sebuah kecamatan di bagian Bandung  Barat yang merupakan kawasan konservasi sumberdaya alam dan lingkungan yang dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Lembang terdiri dari beberapa desa yang masing-masing desa tersebut, memiliki pesona yang menakjubkan.

Berbicara masalah Lembang, opini kita akan tergiring ke kawasan agrowisata. Dimana aktivitas wisata melibatkan penggunaan lahan pertanian yang menjadi daya tarik wisatawan. Seperti kegiatan memetik buah, memberi makan hewan ternak dan menikmati makanan di restoran di atas laut.

lembang bandung

Sumber gambar : instagram.com/lembang.bandung

Secara keseluruhan, Lembang, kawasannya memiliki daya tarik tersendiri. Yaitu berupa tempat yang tenang, udara yang bersih dan alam yang masih hijau. Hamparan hijaunya rerumputan dengan pegunungan tinggi sangat cocok untuk para wisatawan yang mendambakan udara segar bebas polusi.

Kini, Lembang semakin berkembang menjadi wilayah yang menawarkan berbagai objek wisata alam. Kamu sedang mencari destinasi untuk berlibur pada akhir tahun? Tidak ada salahnya mencoba menjelajahi Lembang Bandung bersama keluarga tercinta.

“Wah, tapi anak saya ndak bisa di ajak melancong ke tempat yang ada kolamnya dan ada tebingnya. Maklum, anak saya gerakan tambahannya banyak. Khawatir dia bakalan bereksplorasi habis-habisan”

Tenang moms, ada beberapa kawasan di Lembang yang cocok untuk eksplorasi pengetahuan anak tanpa khawatir anak anda akan hilang atau mengalami sesuatu yang buruk. Karena ke-was-was-an yang mom rasakan sama seperti yang saya rasakan, hahaha.

Olehnya, saya memilih destinasi wisata yang aman damai untuk anak-anak dengan jiwa petualangan tinggi.

 3 Destinasi Wisata Petualangan Menarik Bersama Anak di Lembang Bandung

# Observatorium Bosscha

Pecinta film ‘Petualangan Sherina’ mana suaranya? Awalan saya mengetahui Observatorium Bosscha itu dari film tersebut. Rasanya pilihan tepat, membawa anak-anak ke Observatorium Bosscha untuk mengeksplor pengetahuan mereka mengenai dunia astronomi.

Observatorium Bosscha adalah lembaga riset yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung. Berdiri sejak tahun 1923 dan menjadi tempat pusat teropong bintang tertua di Indonesia.

bosscha.itb.ac.id

Sumber gambar : https://bosscha.itb.ac.id

Pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop zeiss dan mendapatkan informasi tentang astronomi. Benda ini diletakkan pada atap kubah sehingga saat teropong digunakan, atap tersebut harus dibuka.

bosscha.itb.ac.id.1Sumber gambar : https://bosscha.itb.ac.id

Teropong Zeiss terlah berkontribusi luar biasa dalam mengungkap sisi alam semesta yang tak terjangkau dari bumi untuk menghasilkan tujuan yang berguna bagi kehidupan manusia yang tidak bisa lepas dari tata surya.

# De’ Ranch

De-Ranch-Lembang-Bandung

Berbeda dengan wisata lainnya di Lembang, De Ranch menawarkan konsep baru yang unik. Yaitu peternakan kuda ala koboi -seperti di negara Amerika- yang baik untuk kesehatan serta pendidikan anak.

Pengunjung yang datang ke De’ranch lembang akan diberikan kostum seperti layaknya seorang koboi. Mengelilingi lokasi De ranch dengan menunggangi kuda di temani oleh pemandu yang berpengalaman.

de-ranch-lembang_20170629_094554

Sumber gambar : tribunnews.com

Awalnya, tempat ini merupakan peternakan kuda biasa. Namun melihat potensi yang ada, akhirnya dikembangkan menjadi wisata keluarga dengan mengusung tema koboi. Wisatawan yang berkunjung kesini tidak hanya berasal dari daerah bandung sendiri, bahkan dari daerah luar bandung juga ada misal darikota Jakarta, kota besar lain di Indonesia.

wisata-alam-deranch-lembang-bandung-by-umiarahmah

Sumber gambar : https://deranchlembang.com

Tidak hanya menyediakan sarana berkuda ala koboi, juga dilengkapi dengan aneka wahana permainan mulai dari trampolin, the gold hunter, balon air, panahan, hingga flying fox yang membuat anak-anak senang.

# Jendela Alam

Jendela-Alam

Setelah membaca beberapa literatur wisata edukasi anak di Lembang, saya jadi tertarik untuk mengunjungi wisata Jendela Alam. Konon katanya, wisata Jendela Alam sendiri merupakan sebuah tempat belajar, arena outbound serta rekreasi tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk dewasa dengan nuansa alam yang indah dan sejuk.

Konsep dari wisata jendela alam ini adalah mencintai alam. Wisatawan tidak akan tersesat dalam pikiranya sendiri kok jika mengunjungi tempat ini. Karena pengelolanya akan memberi pengetahuan mengenai cara berkebun dan berternak.

jendela alam 1

Sumber gambar : sikucingmanis.wordpress.com

Selain suasana alamnya yang sejuk, fasilitas di dalamnya cocok untuk menjadi pilihan rekreasi bersama keluarga.

Untuk memudahkan pembagian permainan dan fasilitas di Jendela Alam, pengelolanya membuat kategori-kategori yang diharapkan akan memudahkan pengunjung untuk mencoba fasilitas yang ada.

Pembagiannya dibagi menjadi Jendela Hewan, Jendela Tumbuhan, Jendela Petualangan,  dan Jendela Air. Masing-masing permainan dan fasilitas disesuaikan dengan nama masing-masing wahana.

Contohnya :

~ Jendela Hewan. Dalam Jendela Hewan, beraneka satwa dapat dijumpai. Dimana, anak akan terlibat kegiatan memberi makan hewan hewan seperti memberi makan bebek, ayam serta kelinci.

~ Jendela Tumbuhan. Kegiatan pertanian yaitu melakukan cocok tanam, melakukan pembibitan tanaman, belajar berkebun.

~ Jendela Petualangan. Kegiatannya adalah wahana yang akan menantang anak-anak. Seperti permainan seperti flying fox, meniti jembatan gantung, menyusuri jembatan tali dari ketinggian atau papan panjat dapet dicoba untuk melatih keberanian dan ketangkasan anak.

♥♥♥

Demikianlah 3 destinasi wisata petualangan menarik bersama anak di Lembang Bandung versi Raya Makyus. Kebetulan yang membahagiakan -biasanya- bulan Desember merupakan bulannya anak-anak sekolah liburan.

Momen spesial seperti itu, alangkah baiknya mencari destinasi liburan yang berfaedah untuk anak-anak. Bukan cuman anak-anak sih yang merasakan faedahnya, orang tuanya juga doong! Salah satu alasan mengapa saya memilih Lembang Bandung menjadi tujuan destinasi, selain karena faktor yang sudah saya paparkan pada paragraf di atas juga karena faktor kenyamanan saat membawa si kecil berwisata di Lembang Bandung.

“Aduh, saya ndak punya keluarga di Lembang Bandung. Mau nginap dimana coba? Saya takut nantinya akan tersesat di Bandung. Malu-maluin dong kalau sampe ketahuan nyasar”

Astaga, gak usah galau gulindang kayak orang lagi putus asmara gitu dong akh! Saat ini ada banyak pilihan yang mudah dan praktis untuk mendapatkan penawaran penginapan di Lembang Bandung yang sesuai dengan kondisi dompet.

Salah satunya adalah Pegipegi. Sebuah situs website yang melayani pemesanan hotel/penginapan, tiket pesawat dll serta tersedia aplikasi gratis di Android dan iOS. Ngakunya mamak milenial, kok situs Pegipegi gak tau sih? *mintadikeplak* 😀

pegipegi1

Cara mendapatkan Hotel di Lembang Bandung gampang banget kok, buka websitenya. Kemudian tentukan hotel yang sesuai dengan selera kamu.

aurora 1

Kalau sudah ngerasa cocok dengan hotel yang di tuju, langsung ajah pesan. Mumpung harganya miring tuh.

aurora 2

Setelah sukses memilih kamar salah satu Hotel di Lembang Bandung, lanjutkan dengan mengisi identitas diri dan transaksi. Siap-siap berdestinasi deh di akhir tahun 2019. So easy kan?

Selamat liburan 🙂

Raya Makyus
(Visited 14 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: