0

5 Cara Bangkit dari Kegagalan

Bangkit dari kegagalan merupakan salah satu cara mensyukuri karuniaNya karena semua orang pasti mengalami yang namanya kegagalan. Kegagalan bagian dari kehidupan kita. Level dewa banget kalau ada orang yang tidak pernah mengalami kegagalan.

Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini sepasang. Ada laki ada perempuan. Ada susah ada senang. Ada kesuksesan ada pula kegagalan. Dan masih banyak contoh kekuasaanNya yang sepaket. Namun, yang membuatnya kelihatan berbeda adalah bagaimana kita menyikapi cobaan hidup yang bernama kegagalan dan bangkit dari kegagalan.

Bagaimana kita menyikapi takdir hidup kita gitu loh dengan berprasangka baik terhadapNya. Apakah dengan cara lari ke hutan supaya di jemput Rangga? Atau terjun dari gedung pencakar langit lantai 100 supaya diselamatkan spiderman? Tidak kan? Tuhan menciptakan kegagalan supaya kita mau belajar. Karena sejatinya kegagalan itu sangatlah dekat dengan keberhasilan.

Contohnya Thomas Alva Edison, sang penemu lampu pijar mengalami kegagalan dalam percobaannya 10.083 kali hingga lampu pijar bisa menyala. Coba bayangkan jika saja Edison menyerah pada percobaannya yang ke 10.082, maka bisa jadi dunia saat ini masih gelap gulita.

Apa yang membuat Edison dapat bertahan dalam kegagalannya? Apakah dia tidak bosan dengan kegagalan yang berulang-ulang kali dialaminya? “Dengan kegagalan tersebut, saya mengetahui ribuan cara agar lampu tidak menyala.”

Contoh lainnya, pada tahun 2005 saya ngotot ikut tes masuk STAN. Sekolah Tinggi Akutansi Negara. 2 kali mengalami kegagalan! Menyerah pada keadaan? Tepatnya berdamai dengan cuy! Kalau saja saya masih setia ikut tes ke tiga kalinya, bisa saja saya lulus, namun saya tidak berada di Kendari berkumpul bersama keluarga diantara kemungkinan yang mengerikan lainnya, hahaha.

Apakah saya tidak bosan ikut tes dan gagal terus? Jawabannya tidak! Namun karena saya berpikir, sampai kapan mau tes terus? Sementara saya sudah menikmati kuliah dengan lancar di universitas negeri di Kendari. Mungkin Tuhan sedang mempersiapkan keberhasilan untuk saya. “Jika nekat mengejar STAN setiap tahun, mungkin saya tidak akan bergelar S. KM”

Mengingat saya dan oom Thomas Alva Edison pernah gagal dan sukses bangkit dari kegagalan, maka tulisan ini bisa lahir tanpa dibuahi segala dan tanpa ada proses persalinan, hehehe.

5 cara bangkit dari kegagalan

5 Cara Bangkit dari Kegagalan

~ Mendekatkan Diri pada Sang Pencipta

Kedengaran klise banget ya? Tapi begitulah kenyataannya. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa Tuhan-lah pemilik atas hidup kita, maka kepadaNya jua kita bersandar. Dia menciptakan kegagalan atas diri kita dan atasNya pula kita mendapatkan kesuksesan.

Bila nikmat Tuhan berupa keberhasilan kita sambut dengan penuh rasa syukur, maka pahala bagi kita. Bahkan jika musibah berupa kegagalan datang tiba-tiba, namun kita bersabar menjalaninya maka itupun menjadi ladang kebaikan dan pahala bagi kita.

Tinggal bagaimana kita berbaik sangka kepada Allah atas segala persoalan yang kita hadapi baik berupa keberhasilan maupun kegagalan.Tuhan menciptakan kegagalan atas diri kita agar kita mau belajar dan berusaha lebih giat lagi. Kalau kita takut gagal, case closed! Jangan pernah bermimpi!

~ Berpikiran Positif

Pikiran positif membantu membangun percaya diri dan mengukuhkan cara pandang seseorang tentang kegagalan. Dampaknya adalah perbuatan positif yang membantu seseorang bangkit dari kegagalan dan berani menghadapi tantangan hidup.

~ Hadapi Kenyataan

Biasanya, orang yang mendapatkan kegagalan jarang mau membuka diri dan menceritakan kegagalannya kepada orang lain. Takut dianggap receh-lah, dianggap bodoh-lah apalah apalah yang membuat pikiran jadi stress. Ingat loh, stress itu bisa membuat tubuh yang sehat menjadi sakit.

Memang tidak mudah untuk menerima kenyataan bahwa kita telah mengalami kegagalan, tidak mudah pula untuk menerima bahwa banyak yang tahu kita mengalami kegagalan.

Tetapi mencoba menerima kegagalan dengan hati terbuka justru akan memotivasi diri sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga untuk perbaikan hidup yang lebih positif dan yang lebih baik. Berlapang dadalah.

Seperti lirik lagu Sheila On 7 – Lapang dada

Kau harus bisa berlapang dada

Kau harus bisa ambil hikmahnya

Karena semua tak lagi sama

Walau kau tau dia pun merasakannya

~ Evaluasi Diri

Move on dan evaluasi diri mengapa bisa terjadi kegagalan. Contohnya seperti kegagalan lulus masuk STAN, bisa jadi belajarnya kurang bertekad atau tidak mendapatkan ridho orang tua atau bisa juga ada unsur kesombongan diri dan masih banyak lagi.

Mengevaluasi diri membuka cakrawala berpikir kita untuk memandang kegagalan dengan cara yang positif. Jika kita menerima kegagalan dengan lapang dada dan memperbaiki diri, insyaallah jiwa kita akan tentram.

~ Persiapkan Diri, Maju Terus Pantang Mundur

Kalau kita sudah siap tempur, senantiasa bersandar pada ketetapanNya, memandang kegagalan dengan pandangan yang positif, berlapang dada menghadapi kenyataan, mengevaluasi diri, pasrahlah.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216).

kegagalan bukan untuk diratapi

****

Halo, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh and welcome to my blog. Tulisan di atas menjawab trigger post dari jeng Ririn bertema “C’Moon, bangkit dari kegagalan”. Eniwey, setiap tanggal 20 kumpulan blogger Kendari yang bernama Be Molulo memosting tulisan tentang tema yang disepakati bersama.

Nah, tema di atas seharusnya terbit pada tanggal 20 Mei 2018, hanya karena yang mpunya blog ini sok sibuknya kebangetan sehingga baru sempat ngasih tanggapan trigger hari ini, hahahha. Maapkeun dakuuuh, Rin :D.

Happy Reading

Raya Makyus

 

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 19 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: