0

5 Kegiatan Bermanfaat Selama Bulan Puasa

Kegiatan bermanfaat selama bulan ramadhan tak ternilai jumlahnya. Ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan sembari berpuasa. Jangan karena sedang berpuasa, lalu kita cuman bermalas-malasan. Big No dong iiih.

Puasa pada bulan ramadhan seringkali menjadikan alasan bagi sebagian orang untuk tidak produktif. Padahal, meski sedang berpuasa, kita bisa mengisinya dengan berbagai hal positif yang dapat mendatangkan kesenangan bagi diri dan orang lain.

Bulan ramadhan datangnya cuman sekali dalam setahun loh, jadi sayang banget kalau pada bulan suci yang penuh berkah dan ampunan ini kita tidak memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dengan melakukan akitivitas atau kegiatan yang bermanfaat. Apa saja kegiatan yang bermanfaat selama puasa ini?

5 Kegiatan Bermanfaat Selama Bulan Puasa

♦ Melakukan Ibadah Sunnah Lebih Tekun

Kalau selama ini kita hanya melakukan ibadah wajib saja seperti sholat 5 waktu. Sudah saatnya pada bulan puasa ini kita meningkatkan kualitas diri dengan memperbanyak melaksanakan ibadah sunnah lainnya.

Dahsyatnya bulan ramadhan, membuat orang lebih semangat melakukan ibadah. Jangankan yang fardhu, sunnah saja meningkat.

Salah satu ibadah sunnah yang lekat dengan bulan ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih yang hanya terjadi saat ramadhan saja. Keseruannya, kita bisa melakukan tarawih secara berjamaah di mesjid atau berjamaah bersama keluarga di rumah.

Shalat tarawih memiliki hukum sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan. Amalan ini memiliki ganjaran besar bagi siapapun yang melaksanakanya, antara lain : meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, mempererat tali silaturrahmi kepada sesama muslim, terampuninya dosa serta mendapatkan pahala setara dengan melakukan qiyamul lail semalam penuh.

Itu baru 1 ibadah sunnah, bagaimana dengan sholat dhuha, sholat 2 rakaat sebelum subuh dan lain sebagainya, yang apabila kita kerjakan, tentu ganjarannya pahala yang harapannya sebagai bekal ketika kita pulang ke kampung akhirat.

Olehnya melakukan ibadah sunnah salah satu kegiatan yang bermanfaat selama bulan puasa.

♦ Khatam Al-Qur’an

Al-Qur’an kitab paling mulia. Diturunkan di bulan paling mulia pada malam paling mulia. Siapa saja yang membaca dan mengamalkannya, akan menjadi manusia yang mulia. Itu sebabnya amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an, mentadabburi dan mengkajinya.

Ramadhan artinya kita berpuasa selama 30 hari lamanya kan? Nah, selama itu alangkah menyenangkan bila kita khatam al qur’an. Bulan ramadhan adalah bulannya al qur’an, karena pada bulan ramadhan al qur’an pertama kali diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT yang artinya : Bulan ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (QS. Al-Baqarah : 185).

Khatam al qur’an menjadi kegiatan yang bermanfaat selama bulan puasa, selain karena bisa mendapatkan pahala kepada siapa saja yang membacanya, juga menjadi target besar kita selama bulan ramadhan. Vibesnya beda banget khatam pada bulan suci ramadhan dengan hari biasa.

♦ Membaca Buku

Kegiatan bermanfaat lainnya selama bulan puasa adalah membaca buku. Membaca buku tentang apa saja yang mendatangkan hal positif contohnya membaca buku tentang agama, atau membaca buku-buku sastra, seperti novel, cerpen atau puisi.

Orang yang membaca banyak buku akan merasakan kebahagiaan, apalagi jika menghabiskan buku tersebut dari halaman awal hingga akhir.

Membaca buku tentu bermanfaat, selain bisa mempelajari hal-hal baru juga merupakan jendela ilmu yang dapat membuka cakrawala pikiran kita juga dapat meningkatkan skill dalam berbicara atau menulis.

Sayangnya aktifitas ini kerap terabaikan oleh beberapa kalangan karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

♦ Bersedekah

Bersedekah, tentu menjadi salah satu kegiatan bermanfaat selama bulan puasa. Bersedekah atau membantu orang yang membutuhkan, memberi makan orang yang berpuasa dan lain sebagainya.

Rasulullah saw bersabda yang artinya : barang siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.

Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan manusia pada Allah SWT karena tidak dapat dipaksakan. Justru ini merupakan panggilan hati untuk melakukannya dengan ikhlas dan dapat menyenangkan hati orang lain.

Karena tidak terikat dengan aturan dan waktu, sedekah bisa dilakukan di mana pun, kapanpun dan dengan menggunakan apapun. Sampai dengan hal yang paling sederhana seperti murah senyum kepada orang lainpun, adalah sedekah. Seperti yang Rasulullah sampaikan, “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah”.(HR. At-Tirmidzi).

♦ Menyiapkan Sajian Buka Puasa

Menyiapkan sajian buka puasa adalah salah satu kegiatan bermanfaat selama bulan puasa. Berbicara masalah sajian buka puasa, ibu-ibu pasti sudah menerka-nerka, sajian aposeh yang bagus untuk dihidangkan. Menu buka puasa yang inovatif dan bervariasi tentunya akan menambah semangat anggota keluarga dalam berpuasa.

Kegiatan menyiapkan sajian buka puasa merupakan kegiatan favorit di rumah. Dimana gue mendapatkan bantuan dari Ucup yang selalu excited untuk berkreasi bersama di dapur. Ya walaupun hasil akhir dari bantuannya dengan memorak-morandakan isi dapur, haha.

Pointnya sih dia mau belajar berkreasi di dapur. Karena urusan dapur bukan cuman wilayah jajahan perempuan loh. Pria pun bisa ikut andil. Paling oke nih, jika selesai menyiapkan sajian buka puasa, lalu membagikan sajian tersebut kepada orang lain yang sedang berpuasa.

Secara tidak langsung kita mengajarkan kepada anak, indahnya berbagi :).

*****

Harapan gue, kegiatan bermanfaat selama bulan puasa tidak mentok hanya pada saat bulan puasa tokh. Melainkan tetap berjalan selama kita masih bernapas. Selama kita masih hidup. Artinya apa? Kita tetap mengamalkannya diluar dari bulan puasa.

(Visited 2 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: