5 Lagu Tahun 70-an yang Easy Listening Hingga Saat Ini

Wadidaw, inilah dia deretan 5 lagu tahun 70an yang easy listening hingga saat ini. Sebenarnya buwanyaaaak ya waaak, lagu tahun jaduls yang lirik dan musiknya enak beut kita dengarin hingga saat ini, Tetapi gue memilih random dan menetapkan 5 lagu saja.

Gue pernah bertemu driver go car yang nyetel lagu jadul tahun 70-80an, seorang bapak-bapak yang anaknya sepantaran gue usianya. Waktu beliau heran terkagum-kagum sih kayaknya karena melihat gue anak 90an bisa fasih menyanyikan lagu jadul *cewek narsis kelaut ajeh*, ya gue bilang ajah kalau gue dari bayik udah hapal lagu dalam playlist si bapak :D.

Dan si bapak menunjukkan mimik tak percaya, haha. Gara-gara nyokap gue dalam kandungan dinyanyiin lagu-lagu jadul, ya auto hapal dong yaaa :D. Endingnya ketebak, kita konser bareng doong, ckckckck.

Kenapa Harus Tahun 70-an Siy?

Karena gue belum moveon banget sejak nyokap ninggalin gue selama-lamanya, segala kebiasaan baiknya gue jiblak, yang salah satunya adalah menyanyikan lagu jaduls angkatan nyokap sambil cuci piring, misalnya. Karena kebiasaaan nyokap kalau kerja di rumah, pasti sekaligus mengadakan konser tunggal.

And offcourse, sude yang menjadi micnya, ckckck. Kita lihatnya kayak “waaah nyokap sakit-sakit nih”. Aslinya, salah satu stress languagenya (mungkiiin) adalah dengan mengadakan konser tunggal sambil beberes rumah. Pekerjaan rumah beres, stress pun pamit undur diri.

Btw, nyokap angkatan 70-an. Angkatan yang fashionnya saat itu sedang reingkarnasi saat ini. Termasuk pada tahun ini. Rok lipit-lipit manjalita, contohnya. Kalau jaman now namanya rok plisket.

Ada juga fashion yang celananya sampe puser, kalau jaman now namanya celana boyfriend dan buwanyak lagi fashion yang gak bisa gue ceritakan atu persatu. Anyway, adakah pembaca blog gue yang seangkatan nyokap? Kalau ada, sungkeeeem dulu oom-tante 🙂

Karena sering mendengarkan lagu tahun 70an, membuat gue jatuh hati sama penyanyi-penyanyi jaman dulu. Gak ada yang menyamai kualitas suara mereka. Serius, waaaa’.

5 Lagu Tahun 70an yang Easy Listening menurut gue….

ERNI DJOHAN – SENJA DI BATAS KOTA

Lagu yang berkisah tentang pejuang LDR. Btw, jaman dulu tuh yaaaa, kalau mau ketemu sama ayank vibesnya kayak ada kupu-kupu yang menari dalam perut. Deg-degnya ampe bikin kambuh maag, hahaha. Ernie Djohan sukses banget sih bikin kami pendengar ‘senja dibatas kota’ menjadi mellow. Berasa lagi menjalani LDR juga, hehehe.

Banyak yang mendaur ulang lagu ini, menyanyikan kembali termaksud nyokap gue, hellow senja dibatas kota versi lain tetapi tidak sekece tante Ernie Djohan yang bawain. Mon maaf, ma 😀

Berpisah di St. Coroulos – Retno

Lagu yang paling paling paling sering gue dengar. Apalagi kalimat “gadis kerudung putih pujaan, semoga kasih kita abadi”. Mmmmmm, lagu berselimut doa. Untuk jaman sekarang nih, lagu ini paling oke kalau kamu mau nembak cewek. Apalagi ceweknya pake kerudung misalkan. Tinggal ganti warna kudung saja, terus nyanyi deh di depan rumahnya, xixixi.

Tante Retno banyak menetaskan lagu hits. Salah satunya berpisah di st. coroulos. Terima kasih banyak, nte lagu ini terdengar tetap indah sampai hari ini.

Berikan Daku Harapan – Tutty Subardjo

Lagu tante Tutty bikin mewek parah sih yang ini. Lagunya ditujukan untuk pahlawan kita yang sedang berperang kala itu. See…

Berikan daku harapanKujadikan peganganBila waktu pergi t’lah tibaTunaikan tugas negara
Ucapan janji setia‘Kan kusimpan di dadaKujadikan permata hati‘Kan kupersembahkan nanti
Tunaikan tugasmuDoaku s’laluMenangkan tugasmuRestu s’luruh bangsamu
Jauh di mata kau kunantiPergi ke perbatasanTapi s’lalu dekat di hatiKu bangga duhai pahlawan
Makna pahlawan itu sendiri tergantung bagaimana kita mendeskripsikannya. Bisa jadi pahlawan keluarga atau pahlawan visa atau pahlawan garda depan dalam penanggulangan wabah covid. Banyak makna “pahlawan”, bergantung bagaimana kamu melukiskannya.
Kita bisa bebas menghirup udara segar tanpa khawatir kena tembak voc juga, bagian dari jasa pahlawan yang sudah memerdekakan rakyat Indonesia. Gue juga bisa menjadi seperti sekarang ini berkat nyokap gue. Pahlawan dapur keluarga sebagai garda terdepan memberi nutrisi baik kepada keluarganya. *nulis sambil mewek*.
Teringat Selalu – Tetty Kadi
Wagelaaaaseh, dengerin lagu ini mbikin gue blussing, hahaha. Kebayang gak seeeeh jaman abg terus ketemu cidaha yang merupakan tetanggaku idolaku. Asli sih nurani terganggu banget, wkwkwk.
Sekarang mah kalau bertemu,  nurani udah stabil banget. Biasa ajah. Takutnya kalau terlalu ngaaaanu, ntar jadi besanan lagi *eeeeh?*
Lagu ini udah khatam banget dikuping sejak masih SD. Karena nyokap penggila lagu tahun 70-an, sehingga lagu se hits apapun pada jaman yang beliau lalui, lewaaaat.
Teringat pada satu waktuKu berjalan-jalan di muka rumahmuRasa berdebar dalam hatikuIngin lekas lalu
Sekilas nampaklah engkau di balik pintuTersenyum, dikau menusuk hatiku
Apa daya, sejak saat ituNurani terganggu di setiap waktuTeringat s’lalu pada senyummuIngin ku bertemu
Tante Tetty banyak menetaskan lagu-lagu keren. Kalau kamu sering mendengar lagu ‘pulau seribu’ dari orang tua kalian, fiiiiix sih, itu nte Tetty yang nyanyiin.
Kisah Cinta – Lilis Suryani

Favorite gue sih yang ini. Kala itu gue dengar versi ngebeatnya dan langsung jatuh cinta sama liriknya. Lagu-lagu jadulnya tuh liriknya sederhana, tapi ngena banget dikuping kan? Walaupun kini tahun 2022, lagu-lagu mereka tetap dinikmati.

Sungguh indah kisah cinta
Yang pernah aku rasa dan alami
Indah dan me – narik hati
Tak ’kan terlupa sampai akhir nanti

Reff:
Walau pun s’ribu tahun t’lah berlalu
Kisah cintaku tak ’kan beku
Andai kisah cinta sekuntum bunga
Ditelan masa tak ’kan layu

***

Well, demikianlah 5 lagu Tahun 70an yang easy listening dan sangat memorable. Masih buwanyaaaaak lagu keren yang easy listening keluaran tahun70an yang mbikin kamu jatuh hati samalirik lagunya yang sederhana namun menyentuh.

(Visited 6 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: