1

5 Rekomendasi Menu Sehat dan Praktis untuk Berbuka Puasa

5 Rekomendasi menu sehat dan praktis untuk berbuka puasa versi Raya Makyus. Banyak jenis menuย  buka puasa puasa yang kelihatan menggiurkan dan membayangkannya saja perut auto bunyi minta jatahnya. Buwanyaaaak! Tetapi untuk tulisan kali ini, gue kasih spesifikasi menu berbuka puasa yang sehat dan praktis.

Karena gue menjalani work from office yang jam kerjanya gak ada perubahan seperti hari kerja biasa, sehingga memasak menu untuk berbuka puasa yang praktis-praktis saja. No rempongia. Berbuka di bulan puasa tidak selalu harus dengan hidangan mewah dan berat.

Apalagi bulan suci ramadhan datangnya cuman sekali setahun, sayang banget kalau berlalu begitu saja tanpa ada bekas dalam keseharian kita. Sehingga mencari menu berbuka puasa selain praktis tentunya sehat bisa menjadi acuan bagi para ibu-ibu yang memiliki banyak pekerjaan. Ibadah lancar, asupan nutrisi untuk keluarga ikut lancar.ย  Apa saja menu berbuka puasa yang praktis dan sehat?

:. 5 Rekomendasi Menu Sehat dan Praktis untuk Berbuka Puasa versi ibu Raya .:

1. Jus Kursem -Kurma Semangka-

Buah semangka yang rendah kalori dan tinggi serat merupakan buah favorit semua kalangan masyarakat. Sensasi dingin menyegarkan tentu menjadi sasaran tepat pelega dahaga. Semangka memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Lalu bagaimana jika disatukan dengan kurma?

Perpaduan yang pas. Karena kurma tinggi asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan sehingga ketika bertemu dengan vitamin C yang berasal dari semangka, maka akan meningkatkan sifat zat besinya.

Cara bikinnya gampang banget. Sediakan beberapa potong semangka sesuai selera, lalu campurkan sekitar 3 atau 5 biji kurma. Masukkan ke dalam blender, selesai deh. Kagak usah pake gula, karena manis alami kurma sebagai pengganti gula. Rasanya? Muwantaaaaab! Salah satu menu berbuka puasa yang highly recomended!

2. Es Kelapa Muda

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Salah satu khasiatnya yang paling nampol adalah mencegah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi yang harus kita hindari. Kondisi ini rentan menyerang ketika seseorang tidak mengonsumsi cairan dalam jangka panjang, misalnya saat berpuasa.

Nah, kamu bisa dengan cepat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan konsumsi air kelapa saat berbuka puasa karena mengandung elektrolit sehingga dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas dan berpuasa.

Minuman segar ini jelas salah satu menu rekomended yang sehat dan praktis untuk berbuka puasa ๐Ÿ™‚

3. Sup Ayam

Penuh gizi dan nutrisi bukan berarti ribet untuk memasaknya loh. Salah satu menu berbuka puasa yang sehat dan praktis adalah sup ayam. Sup ayam, selain enak, juga bergizi tinggi. Sayuran yang terkandung dalam sup ayam bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian keluarga kita.

Sup ayam yang kaya sayur dan protein sehat dari ayam sanggup mengisi nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama bulan puasa. Kandungan serat yang terdapat pada sayurannya juga bisa menghindarkanmu dari sembelit.

Selain itu, bumbu rempah alami yang terdapat dalam sup ayam seperti jahe, kapulaga, kayu manis, biji pala, bawang merah dan putih memiliki kandungan yang dapat memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap beragam penyakit. Recomended banget kan?

4. Bubur Manado

Membuat menu variasi untuk berbuka puasa tetapi mengusung tema yang praktis dan sehat terdapat dalam sajian bubur manado. Favorite banget sih ini. Salah satu ajang balas dendam gue ada pada menu ini, wkwkwk.

Bayangkanlah, dalam bubur manado ย ada 7 jenis sayuran. Yaitu, labu kuning, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi. Memasaknya pun cukup praktis menurut gue. Cemplung semua sayuran setelah jagung dan singkongnya dan labu kuning benar-benar larut.

Sayuran yang terkandung dalam bubur tentunya baik untuk kesehatan dong. Warning! jangan coba-coba makan sambelnya yaaa. Atau nanti kamu bakalan berurusan sama sakit perut, hehehe.

5. Urap

Selanjutnya, ada sayur urap yang menjadi rekomendasi menu sehat dan praktis untuk sajian berbuka puasa. Sayur urap adalah sayuran yang dimasak dengan cara direbus kemudian dicampur bersama bumbu kelapa parut yang telah diberi cabe, bawang putih, bawang merah, garam dan rempah kencur. Urap sangat cocok dijadikan lauk bersama ikan bakar. Dimakan dengan nasi panas tentu dapat menambah selera makan keluarga anda.

***

Wellokhay, demikianlah 5 rekomendasi menu sehat dan praktis untuk berbuka puasa. Semoga tulisan ini memberi pencerahan ketika ingin mencari menu yang praktis lagi sehat. Kalau kamu, menu sehat dan praktis untuk berbuka puasa apa ciiih? Komen di bawah ya ๐Ÿ™‚

 

Selamat berpuasa,
Raya Makyus
(Visited 2 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: