0

Anak Puasa di Rumah Saja? Yuk Intip 5 Kegiatan Seru Ini Agar Tidak Bosan

Anak puasa di rumah saja? Yuk intip 5 kegiatan seru ini, agar tidak merasa bosan saat menjalani ibadah puasa pada bulan suci ramadhan.

Rasa bosan kerap menghantui ketika anak stay at home. Mereka mudah stres. Apalagi anak-anak yang sudah menjalani sekolah tatap muka. Kebiasaan selama sekolah bertemu teman-teman dan bermain bersama, membuat anak sering meminta untuk masuk sekolah kembali.

Seperti saat ini, anak puasa di rumah saja, beugh rasa bosannya lebih double. Ruang gerak anak terbatas. Kegiatan yang cenderung monoton dan berkurangnya interaksi dengan temannya, mudah membuat anak stres. Ingin melampiaskan stres ke makanan, apadaya sedang berpuasa. Sabar yaa anak-anak 😀

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi kita sebagai orang tua. Mengantisipasi agar anak tidak stres berkepanjangan yang akan berpengaruh terhadap imunitas tubuh mereka. Apalagi virus covid 19 masih enggan meninggalkan ibu pertiwi, sehingga senang jika bertemu dengan tubuh yang imunnya menurun.

*ketokketoktanah* *jauh-jauhdeh*

Berkaca dari Ucupyo yang mulai uring-uringan karena puasa di rumah saja, sehingga lahirlah tulisan ini *ciciyeeeeh*. Yuks ah intip 5 kegiatan seru agar anak tidak bosan menjalani ibadah puasa di rumah saja.

Berkreasi Lewat Gambar

Menggambar! Iyes. Salah satu meredakan uring-uringan dan rasa bosan adalah dengan cara menggambar. Kegiatan menggambar entah mengapa membuat anak jauh lebih rileks. Saat menggambar, anak akan fokus membuat karya. Mereka tidak akan memikirkan jika sedang berpuasa.

Menggambar dan mewarnai bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan membuatnya gembira. Tentunya hal ini membuat orang tua tenang, karena dengan menggambar memabuat anak betah puasa dirumah saja.

Berkebun

Kegiatan yang paling menantang adrenalin anak ketika ia berhasil mencampurkan tanah dan sekam bakar kemudian memasukannya ke dalam pot, lalu menancapkan anak bunga. Ekspresinya seperti berhasil menaklukan penjahat kelas dunia. Ada rasa bangga dalam hati mereka.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Raaaaaaaya (@rayamakyus)

Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan. Kegiatan ini mendukung anak agar semangat puasa di rumah saja.

Mengaji Bersama

Awalnya kegiatan ini susah. Terus terang saja, gue agak ngegas ketika mengajak Ucup untuk mengaji bersama. Alasannya buwanyak. Kebanyakan mengaji bikin haus-lah, kalau melihat huruf Alif, imajinasinya berbunyi “mama, Ucup boleh makan coki-coki?”, sehingga kegiatan mengaji bersama membuat gue frustasi. Awalnya…

Lama kelamaan karena terbiasa, kegiatan mengaji bersama menjadikannya mengenal huruf hijaiyah lebih banyak dan mampu menyambungkan huruf-huruf tersebut. Kuncinya adalah,bunda harus banyak stok sabarnya yaa :D.

Kegiatan mengaji bersama ini menanamkan dalam hati anak bahwa al-qur’an adalah kitab suci umat islam yang wajib tertanam dalam hati yang akan menuntunnya ke jalan yang baik dan benar, insyaallah. Juga merupakan kegiatan yang membuat anak belajar walau puasa di rumah saja.

Membantu Membersihkan Rumah

Banyak perbuatan baik yang bisa anak lakukan setiap harinya, bahkan dari hal-hal kecil sekali pun. Salah satu contohnya adalah dengan membantu membersihkan rumah. Bila mencapai target, beri reward kepada anak. Agar mereka merasa hal yang ia lakukan bermanfaat.

Untuk tipe anak aktif, membantu melakukan pekerjaan rumah adalah tantangan bagi mereka. Karena bebas untuk bergerak. Sehingga kegiatan seperti ini membuat mereka lupa jika sedang berpuasa di rumah saja. Tetapi jangan lupa yaa, setelah melakukan pekerjaan, beri mereka pujian agar mereka senang dan bersemangat 🙂

Menonton Film Bersama

Salah satu kegiatan yang membuat anak betah puasa di rumah saja adalah dengan menonton film seru. Apalagi jenis film temanya petualangan mengejar penjahat, wkwkwk. Serunya, ketika penjahatnya mulai menampakkan diri dalam wujud monster yang mengerikan, kita secara bersamaan berteriak histeris.

Kegiatan menonton bersama jugaa bisa memperat hubungan bersama anak. Sembari mengajari anak senantiasa berbuat kebaikan seperti film superhero yang sedang ia tonton.

Saking serunya menonton film petualangan mengejar penjahat, hingga terbawa ke alam bawah sadarnya. Misalnya nih ya, sedang belajar bersama pamannya, maka secara refleks ia akan mengucap mantra agar berubah wujud menjadi superhero, hahahha.

***

Nah bunda-bunda, demikianlah 5 kegiatan seru agar anak tidak bosan menjalani puasa di rumah ajah versi ibu Raya. Semoga anak-anak kita senantiasa setrong menjalani ibadah puasa walaupun di rumah saja. Sekiranya bunda memiliki kegiatan yang sama, yuksah share ke kolom komen ya 🙂

Salam,

Rayamakyus
(Visited 7 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: