Cara Input SKPP yang SK Pensiun dan SK KGB Terakhir tidak Sesuai

Ketika SK pensiun dan SK KGB terakhir tidak sesuai sehingga untuk membuat SKPP banyak kendalanya. Cobaan bestie! Cobaan… 

How can?

What are you doing selama ini, jiwa dan ragakuuu? hahaha.

Nyaris setahun (tinggal menghitung hari ) kepergian teman kantor (semoga Allah merahmatinya) ke kampung akhirat, namun haknya yang berurusan dengan keuangan tak kunjung selesai. Buwanyak tantangan dan rintangan yang gue hadapi saat memproses hak beliau.

Saat prosesi pembayaran gaji terusan pertama hingga ketiga, alhamdulillah nyaris tanpa kendala. Karena saat itu aplikasi sakti belum sesakti tahun 2022.

Memasuki tahun 2022, gaji terusan keempat mendapatkan kendala. Kendalanya bukan dari daftar yang gue buat melalui aplikasi GPP, melainkan dari aplikasi sakti yang mencetak spp dan spm. Jangan tanya gue yaaaa gimana cara penggunaaan si aplikasi sakti itu. Cek ke link berikut ini kalau teman-teman penasaran sama si sakti.

Walaupun gue titisan dari seorang ayah yang sakti mandragunaguna, tapi untuk urusan sakti belanja pegawai, gue keok! hahahaha. Sebulan kemudian setelah merayakan pergantian tahun 2022, akhirnya gaji terusan keempat kelihatan hilalnya. Normalnya bulan januari udah ada dong yaaaaa. Tetapi karena operator sakti terseok-seok menaklukan aplikasi tersebut, proses pembayarannya pun ikutan terseok-seok.

Apakah masalah sudah selesai?

Drama SK Pensiun

Bulan Juni 2022 sk pensiun almarhumah mendarat sempurna di atas meja gue. Tentunya bukan untuk gue pandangi dan meratapi hubungan gue sama almarhumah yang supeeeeeeer baik. Gue langsung mengecek masa kerja golongannya. Biasanya, ada kenaikan pangkat golongan dan wajib banget kita bikinin kekurangan pangkat pengabdiannya.

Penuh semangat 4-5-6 gue bikinin kekurangan pangkat pengabdiannya. Biasanya nih yaaaa, kalau pegawai yang meninggal, KP (kekurangan pangkat) pangabdiannya selama 4 bulan. Jumlahnya sama dengan pembayaran gaji terusannya. Selala 4 bulan.

Kok Proses Pembayaran Gaji Terusan Sampe 4x Sih?

Awalan gue juga sempat bertanya-tanya. Kok pembayaran gaji terusan pegawai yang meninggal sampai 4 (empat) kali? Kenapa berbeda dengan pensiun pegawai hidup? Yang gak ada pembayaran gaji terusan segala? Pertanyaan gue saat gue belum menjadi ppabp dan belum pernah membuat gaji terusan.

Setelahnya ada pegawai gue yang meninggal dan mengikuti prosedural yang dari zaman gue belum lahir udah ada aturannya, olehnya gue paham.

Menurut gue yaaa, pembayaran gaji terusan kurang lebih sama kayak pemberian uang duka kepada keluarga yang ditinggalkan juga sebagai ungkapan terima kasih dari negara “you did a good job” selama ini. Terima kasih atas dedikasi yang tanpa batas.

Yang namanya pembayaran gaji terusan jangan pernah ditunda. Gaji terusan itu aposeh?

Gaji terusan adalah gaji yang dibayarkan kepada ahli waris dari pegawai yang meninggal dunia sebesar gaji terakhir selama 4 (empat) bulan berturut-turut untuk PNS.

KP Pengabdian Selesai….

Setelah menunggu nyaris 2 (dua) bulan hingga kekurangan pangkat pengabdian muncul dalam sistem omspan. Artinya apa? pembayaran kekurangan pangkat sudah masuk dalam rekening pegawai yang dipegang oleh ahliwaris. Setelahnya gue sat set sat set bikin skpp (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran).

SKPP ini ibarat garis finish. Udah prosesi paling akhir dan sakral banget sih menurut gue. Dari namanya ajah udah bikin merinding. Surat keterangan penghentian pembayaran. Artinya apa? kamu dan dunia kerja, putus selama-lamanya. Yang tertinggal hanyalah kenangan baikmu bersama rekan kerja.

Pada tahapan pembuatan skpp, kita tinggal cocokin ajah kekurangan pangkat pengabdiannya tambah dengan gaji pokok pegawai hasilnya akan sama dengan gaji pokok baru dalam sk pensiun. Kenyataan yang gue alami dari pegawai yang sedang gue perjuangin skppnya ini adalah berbeda datanya, pemirsah!

Gue pengen nangis, asli deh. Kebayang gak sih anak-anak almarhumah udah nungguin skpp ini sebagai pegangan untuk dibawa ke Taspen, namun karena ada kesalahan sehingga mereka harus bersabar hingga skpp ini beres. Gue ingat emak gue. Proses pengentian pembayaran gajinya pasti sama seperti yang sedang gue kerjakan ini.

Gara-Gara si 3B18 Tahun

Pada bulan Agustus 2021, almarhumah datang ke ruangan gue dalam kondisi sehat walafiat. Masih sempat-sempatnya menggoda mau ngasih obat “CEPAT HAMIL?” katanya yang gue okein. Syaratnya adalah KGBnya wajib on proses. KGB maksudnya Kenaikan Gaji Berkala. Walaupun nilainya kecil, sangat membantu perekonomian kami-kami ini penes biasa-biasa ajah tapi doyan hura-hura, ckckck.

Masih ingat bener gimana ekspresi beliau waktu menemui gue. Ketika melihat TMT (Tehitung Mulai Tanggal) KGBnya berlaku, gue senang doong. Gak bakalan bikin kekurangan KGB karena terlambat masuk dalam aplikasi gaji.

Tanggal 1 september 2021 gue mulai proses pembuatan gaji Oktober 2021 dan berhasil konversi. Artinya lolos berkas. Duduk cantik ajah tanggal 1 oktober auto gajian. Qadarullah beliau meninggal tanggal 9 september 2021.

Sehingga prosesi sakral yang gue sebut skpp harus berhenti karena kgb ini. SK Pensiun dari pusat tidak merekam data kgb 18 tahun ini karena pegawai gue berpulang bulan september. Bukan bulan oktober. Andai ia berpulangnya pada Oktober, sk Pensiunnya bakalan 3C18 tahun. Sama seperti KGB terakhirnya.

Gue menghubungi teman-teman sesama PPABP di satker gue. Belum ada kasus langka seperti yang gue miliki. Satu-satunya cara adalah turun gunung (BACA : Mendatangi langsung KPPN).

Aslinya gue paling malas turun gunung. Apalagi kalau harus seorang diri. Berhubung IQ gue rada jongkok, sehingga kalau ketemu sama orang yang dari cara ngomongnya ajah udah ketahuan pinter, gue mendadak planga plongo. Gue susah mencerna kata-kata yang mengandung bahasa baku, hahaha.

Mending pake bahasa pasar deh, gue cepat nangkap ketimbang bahasa formal, wkwkwk. Apalagi yang mau gue perjuangin ini adalah selembar kertas yang amat sangat berarti bagi ahli waris pegawai gue.

Modal bismillah, gue turun gunung. Dan how happy-nya ternyata walopun komunikasi kita gado-gado dimana gue banyakan pake bahasa pasar, namun pesannya tersampaikan, hahaha.

Untuk menyelesaikan masalah SK Pensiun 3C17 Tahun yang tidak singkron dengan SK KGB terakhir 3B18 Tahun, agar sinkron dan bisa terekam dalam SKPP, caranya gampang-gampang susah. Tetapi yakinilah, jika yang kamu lakukan untuk sebuah kebaikan insyaallah Allah bakalan nolongin deh.

∴Cara Input SKPP yang SK Pensiun dan SK KGB Terakhir Tidak Sesuai∴

Prinsip kerjanya adalah harus ada kesejajaran pangkat baru dengan pangkat lama.

3B17 dengan 3C17

bukan

3B18 dengan 3C17

♠ Kembalikan semua Kekurangan Pangkat Pengabdian yang sudah masuk rekening pegawai ke Kas Negara

Karena gue gak tega minta kembali pangkat pengabdian almarhumah yang sudah masuk ke rekeningnya, sehingga, gue tulis ajah rincian pengembalianya dalam berkas SKPP sebagai bentuk hutang kepada negara. Gue rinciin satu persatu. Mulai dari gaji pokok, tunjangan suami, tunjangan anak, pembulatan.

Aslinya almarhumah paling anti sama yang namanya utang, sayangnya karena PPABPnya yang salah menginput data sehingga kekurangan pangkat pengabdian yang beliau terima tercatat sebagai hutang.

511111 adalah akun gaji pokok

511121 adalah akun tunjangan suami/istri

511122 adalah akun tunjangan anak

511119 adalah akun pembulatan

Kalau KP Pengabdian ada Iuran Wajib Pegawai + BPJS + Potongan lainnya, paling akhir dihitungin ya, waaak. Cara hitungnya adalah sebagai berikut :

(Iwp + BPJS + Potongan lainnya) – Gaji pokok untuk mendapatkan hasil akhir gaji pokok dalam skpp

Hasilnya bakalan sama kok dengan jumlah bersih KP Pengabdian pegawai yang pernah dimintakan.

♠ Bikin Selisih Antara 3B18 Tahun 3B17 Tahun

Coba deh bikin selisih antara 3B18 ke 3B17. Kalau sudah nemu, jangan lupa masukkan pula ke dalam kolom hutang negara.

Bikin Kembali KP Pengabdian baru Sesuai dengan jajaran Pangkatnya.

Dalam kasus gue-kan terjadi penikungan antara 3C17 tahun dengan 3B18 tahun kan ya? Setelah posisinya kembali semula, bikin kembali kekurangan pangkat pengabdiannya yang baru yang sesuai dengan jalurnya, yaitu 3C17 Tahun dan 3B17 Tahun. Nilainya tentu saja berbeda dengan KP Pengabdian sebelumnya.

Apabila telah sukses membuat KP Pengabdian terbaru, coba deh jumlah bersihnya dibagi 4 (Dibagi 4 berdasarkan gaji terusan pertama sampai keempat). Hasil pembagian itu ditambah gaji pokok bulan september (sebelum muncul tragedi kgb 3B18 Tahun), hasilnya paaaasti bakalan sama gapok dalam SK Pensiun.

♠ Jalin Komunikasi yang Baik dengan Ahliwaris

Paling gak enak deh kalau kesandung masalah teknis kayak begindang. Ahli waris pastinya bertanya-tanya, kok skppnya luuuuuuama sangat? Tidak mudah pula menjelaskan masalah teknis kepada orang lain.

Tidak ada salahnya tetap menjelaskan kronologi aslinya kepada ahli waris, agar mereka paham mengenai kesalahan yang terjadi dan tidak mendatangkan asas praduga tak bersalah *halaaah*.

Sekian dan Terima Kasih

Kendari, yang cuacanya lagi galau-galaunya
          ♥
Raya Makyus
(Visited 9 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: