Review Kolam Santri, Kolam Renang Khusus Akhwat di Kota Kendari

Aheeem, ngomongin kolam santri bikin penyakit gatal air saya kambuh, hahaha.  Mari satukan presepsi mengenai kolam santri. Kolam santri ini kolam untuk berenang ya, waaak. Bukan kolam ikan apalagi kolam susu. Kolam waaaak.. Kolaaaam! Bayangan bakalan nyemplung dan main air, bikin penyakit kambuhan saya beneran kambuh.

Baca : Menikmati Pesona Indah Danau Napabale

Semenjak habis traveling tipis-tipis di Kota Kelahiran saya, yaitu Raha bulan Juli kemaren, saya memutuskan untuk belajar berenang. Ya kaliiiiik kalau traveling berikutnya, terus jalan-jalan ke tempat wisata yang mengandung unsur air, saya cuman maen mair pake pelampung atau ban-ban? Atau kalau keluarga saya snorkling, saya dijadikan fotografer saja, hiiii ORRRRRA!

Baca : Mata Air Ghulu Desa Lailangga

Karena keenggenan saya jadi fotografer orang-orang yang sibuk berenang kayak ikan menjadikan saya berani untuk kursus berenang, hahaha. Awal bulan Agustus 2022 saya mendaftar kursus berenang di SOSOITO. Nama tempat kursusnya sosoito. Sebelum menyemplungkan diri jadi anak didik klub sosoito, saya sudah mengadakan sayembara. Mencari tempat kursus berenang yang rekomended. Hasil poling terbanyak adalah sosoito.

Ada beberapa pilihan kolam yang bagus untuk kursus berenang. Pilihan saya jatuh di kolam santri.

Kenapa namanya Kolam Santri? 

Karena lokasinya berada di tengah para santriawan dan santriwati menuntut ilmu di ICM -Islamic Centre Muadz Bin Jabal-. Sehingga pengelola memberi nama kolam santri. Btw, itu menurut saya loh ya. Karena saya bukan pengelola kolam santri pun bukan pula pengelola ICM, sehingga saya cuman tembak jonga saja yang melatari nama kolam tersebut.

ICM KENDARI

Sumber gambar : https://icm.or.id/

Lokasi kolam santri tepat berada di samping dari bangunan ICM ini. Samping ICM ada Aisyah Mart, lokasi kolam santri tepat belakang dari Aisyah Mart.

Saya tidak pernah memotret jalanan masuk menuju kolam santri, karena biasanya banyak akhwat berseliweran hendak mengajar atau belajar. Ndak sopan doong, motret orang tanpa izin, ya gak?

Harga Tiket Masuk Kolam Santri

Hingga tulisan ini terbit, biaya masuk ke kolam santri dibanderol seharga 25k. Mau dewasa atau anak-anak harganya sama. Puas-puas dagh main air. Pantang selesai sebelum kaki dan tangan keriput, ckckckck.

Yang paling bikin sukak dari kolam ini, pengunjung boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Mau bawa nasi sejumbo pun ndak masalah. Sepanci ikan dan sayur pun, yoook maaari. Yang penting kebersihan kolamnya terjaga ya, waaak 😉

View Kolam Santri

                                                                                                   Kolam santri

Kolam santri bukanya jam 7.30 pagi. Depannya seperti ini. Jika belum ada pengunjung, tirainya bakalan kebuka. Biasanya ada pengelola yang bersih-bersih kolam sebelum pengunjung datang. Tirai akan tertutup seperti gambar kedua jika pengunjung mulai berdatangan dan nyebur ke dalam kolam.

Saya selalu parkir jam 07.00 setelah mengantar Ucupyo ke sekolah. Kebetulan yang mengasyikkan, jarak kolam santri dan sekolah Ucupyo tuh vertikal alias dekaaaaaaaat banget.

Yang bikin saya jatuhi cinta kolam ini salah satunya karena kebersihannya. Bersiiiih banget ampun deh. Halaman, kolam renangnya, beeeeeersih. Thumbs up. Bonusnya lagi, pengelolanya sopan dan ramah. Makin tjintaaaah. Pengelola kolamnya akhwat juga btw. Jadi tolong.. tolong.. tolooong.. *apasiiiii?*

Pengelola kolam santri memiliki tata tertib yang wajib dipatuhi oleh seluruh pengunjung kolam. Syukur alhamdulillah, semua pengunjung patuh dan tidak ada yang berperilaku jorok.

Salah duanya adalah kolamnya Indoor, tertutup dan tentunya tidak bercampur dengan pria, jadi lebih nyaman bagi wanita jika ingin berenang.

 

Waktu mengunjungi kolam santri 3 november kemaren, view depannya mulai berganti. Banyak hijau-hijau yang bermekaran bikin luntur capek karena membakar kalori dalam air. Menunggu jemputan sambil sekrol instagram dan sopeee pun jadi betah, wkwkwkwk.

Berasa Kolam Pribadi

Jadwal saya kursus berenang itu jam 08.00 s.d. 09.00 pagi. Saya dan teman-teman kursus yang sejadwal memilih jam pagi sebelum masuk kantor, hihihi. Biar masuk kantor lebih fresh karena sudah membuang stres di dalam air.

Sepagi itu biasanya belum ada pengunjung selain kami yang sedang menempuh pendidikan untuk mahir gaya bebas dan gaya katak. Sehingga belajar berenang bisa fokeeees dan gak malu-maluin. Masalahnya usia kami -YANG SEDANG MENEMPUH PENDIDIKAN- adalah kepala 3 dan 4, hahaha. Sedangkan coach kami masih usia 23-an, waaaak. Ampun deeeeh, wkwkwk.

Yang namanya menempuh pendidikan, gak kenal usia kan? Mau tua, muda, balita dan bayik sekalipun kalau mau belajar, monggo..

Pemilihan jam kursus pun bukan tanpa alasan. Kalau jam 10.00 pagi, biasanya santriwati SD kelas 1 dan 2 mulai berdatangan. Selepas sekolah bukannya pulang malah nyemplung dalam air. Sepertinya penyakit kita sama ya waaak. Gatal air! hahahaha. Sehingga memilih kursus jam 8 pagi adalah pilihan yang sangat tepat.

Ukuran Kolam Santri

Sorry to say, yerobun…

Saya gak tau berapa ukuran pastinya. Kolam rendahnya itu seukuran sampai perut saya, sedangkan kolam dalamnya adalah 1,3 M. Sedangkan kolam anak, kedalaman airnya menyentuh betis saya. FYI, tinggi badan saya 158 cm.  Panjang kolamnya juga saya gak tau, hahahaha. Maafkan atas informasi yang minim ini.

Kalau anda ingin belajar berenang dengan suasana privat kayak kolam milik pribadi, saya sangat merekomendasikan kolam santri.

Pada foto di atas, saya berenang bersama Ucupyo di kolam anak. Ala-ala mengajari Ucupyo berenang, padahal emaknya belum khatam belajar berenang, wkwkwkwk.

5x pertemuan selama 2 bulanan plus banyak gratisannya karena kami si murid-murid berenang ini banyak maunya, hahaha. Thanks god, kami menemukan coach yang sabaran. Sehingga prosesi kursus berenang selama 2 bulan dengan kedalaman 1,3 M lancar jaya dan (ANDAIKAN KAMI KURSUS SEJAK BALITA) bisa jadi kami adalah salah satu atlet renang yang mengharumkan nama ibu pertiwi *tsaaaaaah. Mimpi ajah lu!*

****

(Visited 17 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: