1

Makan Sop Kikil di Rumah Makan Sop Pangkep Indah Kota Kendari. Endulita!

Makan sop kikil di Rumah Makan Sop Pangkep Indah Kota Kendari merupakan jadwal bulanan keluarga kami. Menikmati kuah kuning mustard benderang yang menggenang dalam mangkuk dengan toping daun bawang dan bawang goreng yang menenggelamkan kikilnya. Warna kuning mustard tentu berasal dari olahan rempah-rempah pilihan. Seperti perpaduan kunyit, jahe, kemiri sangrai, cabe merah, dan serei.

Rumah makan yang menjual sop kikil di Kota Kendari itu buwanyaaaaak. Di setiap sudut kota pasti ada. Tidak sulit menemukannya. Biasanya sop kikil di jual berbarengan dengan menu lainnya, seperti coto makassar, sop saudara, sop paru dan lain sebagainya. Karena sop kikil itu jenis makanan anti ribet dan mengenyangkan, sehingga menjadi salah satu kuliner recomended jika sedang kelaparan.

Rumah Makan Sop Pangkep Indah adalah favorit saya. Yuhuuuui. Saya menggilainya semenjak tahun 2013. Menemukannya adalah sebuah kesyukuran yang luar biasa karena saat itu saya sedang hamil dan doyannya makan kikil.

Sebelum mengenal rumah makan ini, kalau sehabis makan kikil saya biasanya protes kepada siapa saja yang mengajak saya ngekikil. Protesnya seharian. Kikilnya amiiiiiiiis. Ampun deh! Walaupun amis ya tetap habis, wkwkwkwk. Yang namanya dapat rejeki nomplok bernama gratisan haram bangetlah gak habis makanannya. Mubasir ih. Dan mubasir temannya etank. Ya ga maulaah temanan sama etank.

Tugu MTQ yang terletak di jantung Kota Kendari

Rumah Makan Sop Pangkep Indah jaraknya tidak jauh dari rumah mertua. Selonjoran dikit eh nyampe. Lokasinya strategis terletak di jantung Kota Kendari tepat bagian belakang tugu MTQ kalau mengarah dari perpustakaan modern.

Ketika kamu sedang mengunjungi Kota Kendari dan berencana mencari kuliner sop yang top markotop, ingatlah tugu MTQ. Tempat makan yang sedang saya bahas ini berada tepat di belakangnya. Jl. Saranani No. 33 Korumba. Kecamatan Mandonga. Kota Kendari.

Makan Sop Kikil di Rumah Makan Sop Pangkep Indah Kota Kendari                                                                        Makan Sop Kikil di Rumah Makan Sop Pangkep Indah Kota Kendari

Bersampingan dengan jalan raya besar, kamu bisa langsung mengenali lokasinya dengan melihat papan billboardnya. Tuh kan menunya bukan hanya sop kikil.

Makan Sop Kikil di Rumah Makan Sop Pangkep Indah Kota Kendari

***

Kurang lebih 10 menit setelah memesan makanan, sop kikil kini berada di depan kami. Aroma rempah yang tersangrai membauri indra penciuman. Banyak orang tidak suka makan kikil karena katanya si kikil keras dan alot. Saking alotnya ampe susah menembus terowongan bernama kerongkongan. Masa sih?

Sepengalaman saya makan kikil selama ini, alhamdulillah kikilnya lembut. Yang sering menjadi masalah adalah bau amis dari kikil. Itu yang mbikin juengkel! Sebel gak sih udah kebayang kelezatan sop kikil harus sirna kenikmatannya karena bau amis? MBL MBL MBL -males banget loh-.

Apakah cara mereka memasak kikil yang bermasalah atau ada hal yang lain? Setau saya agar kikil lembut dan tidak amis harus direbus dulu selama 30 menitan pake panci presto. Selain untuk menghasilkan kikil yang empuk dan tak amis, agar sisa kotoran yang menempel pada kikil cepat keluar.

Sop Kikil

Nah, di Rumah Makan Sop Pangkep Indah ini saya temui kikilnya empuk dan tidak amis. Sesuai ekspetasi lidah saya. Olehnya rumah makan ini saya jatuhi hati semenjak kali pertama makan kikil di sini.

Sop kikil + 1 piring nasi

Setiap memesan sop kikil ataupun makanan lainnya gratis 1 piring nasi. Nasinya buwanyak and offcourse bikin kenyang. Pesan nasi berikutnya berbayar lima rebu rupiah. Saya pesan sop kikil biasa. Terus saya tambahi toping sambel dan jeruk nipis yang banyak. Endulita! Makan sop kikil gak afdhoel banget kalau sambelnya dikit. Kurang nendang, cuy.

Sop kikil telur 2

Berbanding terbalik dengan pak suami yang tidak suka dengan sambel, toping sop kikilnya biasa saja tetapi untuk melengkapi kenikmatan kuliner kali ini, beliau memesan yang telornya duuuuuuua. Telur yang digunakan adalah telur ayam kampung setengah masak. Kalau ketahuan mama mertua beliau akan menjerit histeris “Fitraaaaaaa kau siksa istrimu!” hahahahaha.

Sop Kikil

Dibanderol seharga Rp 35.000 per porsi kamu bisa menikmati sop kikil yang rasanya endulita. Bebas amis dan tentunya tidak alot.

Salam,
Raya Makyus
(Visited 18 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: