0

Manfaat Kurma Saat Puasa

Kalau ngomongin manfaat kurma, pasti sudah ketahuan doong gimana kerennya kurma terhadap metabolisme tubuh. Manfaat kurma yang konon katanya berasal dari tanah sekitar teluk Persia ini, buwanyaaaaaak sekali. Salah satunya yang gue yakini adalah menjadi penolong untuk pertahanan energi tubuh.

Sejujurnya gue salah satu manusia yang tidak menyukai buah ini karena wujudnya mirip binatang yang gue benci. Semenjak mengikrarkan diri menjadi musuh utama dari kecoak, semenjak itu pula menolak kurma untuk masuk ke dalam tubuh gue. Walaupun gue tau, manfaat kurma semilyar persen baik untuk kesehatan.

Tahun 2012, ketika mengikuti pertandingan olahraga di kantor, mama mencekoki gue sebutir kurma yang tentunya mendapat penolakan dari gue. Sampe kena ancaman bakalan dihapus dari daftar penerima warisan kalau tidak memakan kurma, hahaha. Hadeeeugh!

“Kurma tuh bagus banget untuk tenaga kamu, raya. Biar gak gampang loyo” kata mama saat itu. Keyakinan mama bahwa kurma dapat membuat gue menang besar, sehingga dengan semangat 4-5-6 beliau tetap memaksa gue agar memakannya. Pada akhirnya gue menelan kurma dengan hati yang luka.

Dan lomba bola gotong, dimenangkan oleh tim gue. Ketika mama mengetahui kemenangan gue, kurma langsung menjadi tranding topic dalam pembahasan keluarga kami. Dengan bangga mama berkata “iyalah kamu menang,  karena kamu makan kurma sebelum bertanding. Kurma itu buah yang berkah, tau!”. Auto menyesal gue pernah membenci kurma, haha.

Sejak saat itu, kurma senantiasa menjadi menu pokok dalam keseharian gue. Sebelum sarapan, makan kurma dulu pun sebelum tidur, ngemil kurma. Karena gue tau salah dua manfaat kurma adalah memiliki serat yang tinggi sehingga baik terhadap pencernaan kita.

Saat sedang berpuasa manfaat kurma lebih terasa. Karena kurma mengandung kalori, lemak, karbohidrat, gula, protein, vitamin B, zat besi, magnesium yang kesemuanya itu tentunya baik untuk tubuh dan kesehatan. 1 cinta sejuta manfaat.

Namun yang paling terasa manfaat kurma saat berpuasa adalah :

♥ Sumber Cadangan Energi

Ada alasannya kenapa buah kurma disarankan sebagai hidangan pembuka ibadah puasa. Karena buah kurma menyimpan banyak nutrisi yang menawarkan pasokan energi yang berkurang selama berpuasa.

Saat berpuasa, nutrisi yang dibutuhkan tubuh beraktifitas berkurang karena tidak adanya asupan makanan sepanjang hari. Salah satu cara untuk mengembalikan energi saat berbuka dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Ketebak doong, makanan apakah itu? Kuuuuurma!

Selain itu, kurma mengandung karbohidrat dan kalori untuk meningkatkan energi tubuh. Terlebih gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa pada kurma menjadi bahan yang tubuh perlukan untuk  energi.

Olehnya mengapa sumber cadangan energi, gue nobatkan sebagai manfaat kurma saat berpuasa 🙂

♥ Menjaga Kekebalan Tubuh

Berikutnya salah satu manfaat kurma saat puasa adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah peradangan dan menjaga imun tubuh.

Rutin berpuasa dalam jangka waktu yang lama khawatirnya membuat imun tubuh menjadi lemah dan gampang terserang penyakit. Olehnya,mengapa mengonsumsi kurma saat puasa sangat dianjurkan. Salah satunya bisa menjaga kekebalan tubuh, sehingga bisa setrong menjalani ibadah puasa.

(Visited 1 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: