2

Sabda Alam, Lagu Tahun 70-an yang Menjadi Favorite Keluarga Gue

Sabda alam, lagu keluaran tahun 70-an yang justru menjadi favorit dalam keluarga besar gue. Nyokap yang  memperkenalkan lagu sabda alam ke kuping gue yang saat itu masih bayi merekah harum minyak telon rasa serei.

Dari jaman TK, lagu sabda alam senantiasa menjadi salah satu lagu favorite. Karena kenapa? Karena keseringan mendengar orang rumah menyanyikan lagu tersebut sehingga terngiang-ngiang di kuping gue sampai sekarang.

Sepeninggal mama, lagu ini menjadi keseringan gue putar dan menjadi list lagu nomor wahid yang wajid ada dalam playlist gue.

Lagu yang sejuta persen mengingatkan gue kepada almarhumah. Lagu favorit yang sukses ia cekoki ke seluruh penjuru rumah, tanpa kecuali. Siapa pun yang mengenal nyokap, pasti tau lagu yang sering ia dendangkan.

Liriknya simpel banget. Maknanya tentang laki-laki dan perempuan dewasa dalam berumah tangga. Eeeeh, itu menurut gue loh ya.

diciptakan alam pria dan wanita
dua makhluk dalam asuhan dewata
ditakdirkan bahwa pria berkuasa
ada pun wanita lemah lembut manja

wanita dijajah pria sejak dulu
dijadikan perhiasan sangkar madu
namun ada kala pria tak berdaya
tekuk lutut di sudut kerling wanita

Pada dasarnya pria diciptakan berkuasa karena pria adalah seorang pemimpin. Dalam rumah tangga pun, pria adalah kepalanya. Oleh sebab itu namanya kepala rumah tangga. Buwibuk adalah badannya. Badan tanpa kepala jadinya horor dong ya? Pun sebaliknya.

Dalam pandangan gue, lagu sabda alam ini semacam pemberitahuan kepada semua laki-laki bahwa HATI-HATI SAMA WANITA YANG BUKAN MUHRIM. Apalagi yang sudah berumahtangga. Banyak kasus yang memperlihatkan fakta sehingga kita dapat mengambil pelajaran penting. Sebut saja banyak pelakor yang datangnya karena ada kesempatan.

Mungkin inilah maksud nyokap, rajin mendendangkan gue lagu yang jauuuuuuh banget dari usia gue saat itu. Ini maksudnya, jaga diri, biar jadi perempuan baik-baik yang mendampingi suami wherever he is sampai maut memisahkan.

                         

(Visited 24 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: