0

Tentang Kdrama ‘Because This Is My First Life’

Because This Is My First Life menceritakan arti pernikahan yang sesungguhnya. Makna pernikahan bagi pasangan yang bertemu pada pandangan pertama tanpa didasari oleh cinta. Bahkan gw yang sudah menikah 5 tahun manggut-manggut dengan kisah mereka.

Menariknya drama ini sukses mengangkat kisah dan masalah hidup manusia yang familier dengan berbagai permasalahan yang dihadapi generasi muda masa kini. Because this is my first life mengangkat cerita keseharian orang-orang di usia 30-40an.

Kisah See Hee – Ji Ho dan kedua sahabatnya dalam drama  ini menarik perhatian penonton muda karena mampu menunjukkan realitas kehidupan apa adanya. Kekhawatiran generasi muda tentang hubungan pernikahan, karir dan perjalanan hidup terjawab dalam drama ini. Olehnya seperti yang gw katakan drama ini menembus rating tertinggi untuk gendre komedi-romantis.

Halo Drakoresia.

• Tentang Because this is my first life•(2)

Nikmatnya long weekend dihabiskan dengan marathon nonton k-drama sepertinya bukan sesuatu yang patut dibanggakan. Namun jika jenis dramanya menggugah hati pemirsa, sepertinya dapat terampuni, hahaha. Kali ini gw gak mereview drama yang kata para netijen drama Korea terbaper sepanjang 2017 ini, yang tamatnya selasa 28 November 2017 kemarin.

Awalan gw melirik drama ini karena pak suami yang juga masuk komunitas drakoresia, wkwkwkwk. Atas rekomendasinya-lah gw pantengin a’ See Hee and the gank hingga tamat. Sempet terbawa arus JUDGING FROM THE COVER, karena pemeran utama cowoknya jelek, gw males nonton! hahahahha.

Well, gw bukan pakar perfilman ataupun ahli sinematografi yang mengerti hal-hal tentang perfilman atau drama. Gw hanyalah ‘mak-‘mak yang entah mengapa menggilai drama Korea, hahahhaa. Jadi jika terdapat kekeliruan dalam tulisan ini mohon koreksinya. Oke?


Kdrama lovers pastinya tau banget doong drama yang dibintangi oleh Lee Min Ki dan Jung So Min ini. Happening banget, cuuuuy. Bahkan banyak yang gagal moveon sama pasangan Nam See Hee ♥ Yoon Ji Hoo. Drama bergendre komedi-romantis yang ditayangkan di stasiun tvN mendapat rating yang tinggi untuk sekelas saluran tipi kabel di Korea sono. Daebaaaaak!

https://www.youtube.com/watch?v=MXWRW5diHQs

• Tentang Because this is my first life•(3)

Mengapa K~Drama Because This Is My First Life menjadi Drama Korea Terbaper di Penghujung Tahun 2017?

PLACE YOUR TEXT HERE

‘Lo yang bosan dengan tema drama korea tentang kehidupan konglomerat – kisah cinta segitiga – pemeran yang jahatnya kayak iblis patut bersenang hati. Karena drama ini saama sekali tidak ada tiga unsur yang gw sebutin di atas.

261be45259e16e4ec0e25ba76b303438

Bertemakan “CINTA dan FINDING SOULMATE”, drama ini bisa dimengerti oleh semua orang. Drama yang mengisahkan dua manusia absurd yang jatuh cinta sepakat melaksanakan pernikahan demi keuntungan. Bukan hanya itu, drama ini memiliki tiga pasangan dengan kisah perjuangan mereka masing-masing. Kisah mereka menarik untuk diikuti.

Pasangan Yoon Ji Ho – Nam See Hee menikah hanya untuk mendapat keuntungan. Pasangan Yang Ho Rang – Shin Won Suk pasangan yang sudah lama berpacaran namun tidak bisa menikah karena kesulitan ekonomi, dan Woo Su Ji – Ma Sang Goo dengan gaya yang rock en roll.

Drama ini bukan tipe drama yang berat. Gw pun sejujurnya bukan penikmat drama yang berat. Hidup gw ajah udah berat ditambah dengan tontonan gw yang berat bisa mengakibatkan otak gw fuanas cyiiin! hahahaha

PLACE YOUR TEXT HERE(1)

Standing applouse untuk Lee Min Ki pemeran Nam See Hee. Aktingnya kereeeeen beud! Sejujurnya, gw baru kali ini nonton drama yang dibintangi oleh Min Ki. Pun gw baru tau kalo drama ini menjadi awal comebacknya mamas Min Ki yang vakum 10 tahun dari dunia perdramaan *halah*. Rasa penasaran ini mengungkap sebuah tanya ‘si mamas bisa istiqomah gak sih dengan perannya sebagai a’ Nam See Hee si mr. flat?

963f07ed2e639dcbb0d9e822a51343bc

life04-00104

Mamas Min Ki memerankan a’ See Hee si muka datar, muka robot, kaku itu feelsnya dapat banget tauk! Ia menjawab pertanyaan hati gw dengan konsisten menunjukkan ekspresi seperti itu sepanjang episode hingga dramanya tamat. Juaaaraaaa!

Ada satu scane dimana a’ See Hee mengungkapkan perasaannya ke Ji Hoo sangat mengocok perut. Mengungkapkan perasaan looooh ini! Tapi dengan mimik yang tetep datar (eps 10 akhir). Seharusnya Ji Hoo tanggap doong ah maksud si aa’, tapi karena penyampaiannya yang kaku, membuat si Ji Hoo menerka-nerka.

Di akhir episode 15, a’ See Hee memperlihatkan banyak perubahan ekspresi. Tetap datar dan kaku namun mampu mengoyak perasaan, pemirsah! Apalagi disaat doi menangis dan merana karena ditinggal pergi Ji Hoo (eps 15 akhir).

eps 15.1

Sungguh adek meragukanmu kang mamas, tapi ternyata dikau mampu menghalau keraguan adek terhadap aktingmu.

PLACE YOUR TEXT HERE(2)

Ceritanya Yoon Ji Ho bersahabat dengan Woo Su Ji dan Yang Ho Rang. Persahabatan mereka terjalin sejak SMA.

f128af9a21697de250532e354a9ade69

Mereka selalu ada ketika salah satu dari mereka membutuhkan bantuan. Kisah persahabatan mereka bebas dari persaingan memperebutkan cowok ataupun adanya koneksi hingga mampu menembus dunia kerja.

Karena masing-masing dari mereka memiliki cita-cita. Jika Yoon Ji Ho bercita-cita sebagai penulis dan Woo Su Ji yang bercita-cita ingin menjadi bos di perusahaan besar, berbanding terbalik dengan Yang Ho Rang yang bercita-cita sebagai istri yang mengurusi rumah tangganya.

PLACE YOUR TEXT HERE(3)

Kutipan di awal episode 16 sungguh menggugah. Kutipan yang berasal dari percakapan Ji Hoo dengan ‘maknya ketika Ji Hoo curhat mau cerai sama See Hee.

quote terakhir 13

Semua orang hidup dengan cara yang sama.

quote terakhir 14

Menyimpan baik-baik saku bintangmu itu hal terpenting.

quote terakhir 15

Saku bintang?

quote terakhir 16

Meskipun hidup kita hampir sama..

quote terakhir 17

..terkadang adamomen ang berkilauan.

quote terakhir 18

Kapan pun itu terjadi, jangan kau sia-siakan.

quote terakhir 19

Simpan momen itu di saku bintangmu.

quote terakhir 20

Dengan begitu bila keadaan menjadi berat, atau kau mulai jenuh…

quote terakhir 21

…kau bisa mengambil satu bintang dari saku itu..

quote terakhir 22

…dan mendapatkan kekuatan untuk bertahan.

Nasehat ‘maknya Ji Ho di atas membuka mata gw kalau oh iya yaaaa, kenapa gw gak kayak gitu juga cooba? Mencoba cara “saku bintang” untuk mengingat kenangan indah untuk tetap bertahan mengarungi bahtera rumah tangga hingga ke surgaNya.

Bukan hanya gw sih, seharusnya drama ini dapat memberi faedah kepada kita semua baik yang telah menikah atau sedang mempersiapkan pernikahan bahwa menikah itu bukan hanya perkara memenuhi kebutuhan satu arah. Agama gw mengatakan jika menikah itu menyempurnakan agama, karena dalam pernikahan banyak kerikil bahkan batu karang yang siap menghadang jalannya pernikahan kita mengarungi surgaNya.

Namun jika kita mampu bersabar dan bertahan, bahkan sekelas batu karang pun tidak mampu menggoyahkan kapal rumah tangga kita. Salah satu caranya dengan saku bintang ala emaknya Ji Hoo. ‘Maknya Ji Hooooo, emuuuwaaaaacccch *cipokbasah*.

490ca658e91660a2128aba015945c846

Dalam hidup, memiliki satu cinta itu cukup!

PLACE YOUR TEXT HERE(4)

Bagi gw, salah satu kekuatan sebuah drama terletak pada Original Sountracknya (OST). Lewat OST, penonton bisa ikut merasakan ‘rasa manis’ sebuah perjalanan hidup ataupun kepahitan yang dialami oleh pemain dalam drama tersebut. Berasa kita ikut andil dalam drama tersebut. Berasa ‘KOK GW BANGET YA?’.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=32&v=e4c-rMFBP9I

Salah satu OST yang bikin gw mewek bombay. Saat ‘maknya Ji Ho ngasih surat untuk anak mantunya. Kurang lebih isinya “tolong jaga Ji Ho. Jangan pernah kubur cita-citanya untuk menjadi penulis hanya karena dia telah menikah”.

surat emaknya ji Hoo

Membahas lebih jauh membuat bendungan air yang ada di mata gw jadi jebol. Berasa gw gitu yang jadi emaknya Ji Ho. Menitipkan tanggung jawab ke pundak suaminya. Dan berasa punya mantu muka datar tapi tamvan.

*****

76c0e1826d31625ac8f0f014d819fb1f

Drama ini ditutup dengan ending yang membahagiakan. Banyak yang bilang endingnya  semacam dipaksakan. Tapi bagi gw endingnya natural. Bahkan bisa gw bilang romantis abiiis cyiiin. Bukan hanya pasangan See Hee-Ji Hoo, tetapi dengan pemeran lainnya juga mengakhiri drama because this is my first life dengan manis.

Jika kontrak menikah mereka awalan karena kebutuhan akan sewa-menyewa rumah, kini mereka menikah benar-benar berlandaskan apa yang kita sebut dengan CINTA.

Pernikahan itu ibarat sebuah rumah, berfondasikan CINTA-berdinding KASIH SAYANG dan beratapkan KEPERCAYAAN.

-Raya Makyus-

 

(Visited 127 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: