0

Tips Menghemat Uang THR

… Tips Menghemat Uang THR …

Ciyeh yang habis terima thr ciyeeeh. Senyum-senyum melulu. Ada rasa syukur menimpali hati ketika nama kita masuk salah satu daftar penerima thr. Bener gak? Rasanya kepengen jingkrak-jingkrak sambil mengucap rasa syukur kepada Allah.

Isi kepala mulai mengeluarkan sederet list belanjaan. Mulai dari baju lebaran, jilbab lebaran, sendal lebaran, gorden lebaran, kursi lebaran dan sederet barang lainnya dengan label “lebaran”. Belum lagi amplop yang akan kita bagikan ke sanak keluarga. Uh, satisfying banget untuk menghabiskan uang lebaran THR dalam sekejap.

Thr datangnya satu kali dalam setahun. Tidak setiap bulan, apalagi setiap hari. Momentum thr yang paling dinanti ketika detik-detik menghitung hari ramadhan akan berakhir. Eh wait… Ngomongin ramadhan bakalan berakhir bikin hati nyut-nyutan ih. Auto mengsedih.

Menurut mbak wikipedia thr -tunjangan hari raya- adalah pendapatan nonupah yang wajib dibayarkan pemberi kerja kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia. THR ini wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan.

Mendapatkan thr bukan berarti kita bisa foya-foya dong ya. Teuteup ingat bagaimana caranya agar thr ada sisanya untuk tabungan. Bukan yang benar-benar bablas angine.

Berikut, tips menghemat uang THR ala Ibu Raya.

  • Sedekah/Zakat

Meski THR bukan termasuk uang atau gaji bulanan, bukan berarti penggunaannya bisa sesuka hati atau tanpa kontrol dong. Uang THR bisa untuk bersedekah atau berzakat.

Bagi umat islam, membayar zakat fitrah pada awal, pertengahan, atau akhir Ramadhan wajib hukumnya. Oleh karena itu, pastikan untuk menuntaskan kewajiban yang utama tersebut sebelum menggunakan THR untuk keperluan lain.

Kalau untuk sedekah itu sendiri, gak masalah dong ngasih ponakan-ponakan “percikan” thr kalau istilah anak-anak :D. Boleh juga tuh untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang kesusahan.

  • Bayar Utang

Jangan mentang-mentang thr udah cair lalu pura-pura amnesia kalau anda memiliki utang. Saaaay, utang itu kebawa sampe mati loh dan di dunia sono, anda gak bakalan tenang kalau memiliki utang.

Selain itu membayar utang akan menghindarkan kita dari rasa cemas dan gelisah yang kurang baik untuk kesehatan mental kita, loh!

  • Tabung

Jika Anda rutin menabung dengan menyisihkan sebagian dari uang gaji, THR bisa menjadi tambahan untuk mengisi tabungan.

Dengan begitu tabungan yang dimiliki akan bertambah secara cepat dan dapat digunakan untuk keperluan penting atau mendadak lainnya. Anda bisa memulainya dengan menyisihkan sebesar 10 persen hingga 50 persen dari total uang yang didapatkan.

Hooooooi.. emangnya ibu gak beli baju lebaran?

Sejujurnya, untuk baju lebaran, sendal lebaran, jilbab lebaran, blablablablabla lebaran itu sudah ada. Gak perlu beli yang baru lah kalau yang lama ajah kualitasnya masih oke. Misalnya kayak baju lebaran, karena ide baju lebaran gue dari zaman dahulu kala emang gak ganti-ganti, jadi urusan baju lebaran gak mesti ngikut trend.

Baca : Ide Baju Lebaran yang Membuat Kamu Tampil Stylish

Cukup menggunakan baju seadanya saja. Pun dengan anak dan suami. Pake baju lebaran tahun yang lalu tidak mengurangi makna hari raya idul fitri kok ;).

Sendal lebaran? Ealaaaaah, sama ajah. Pake sendal yang bisa dipake sehari-hari, hahaha. Jilbab lebaran apalaaagi. Emangnya karena tidak memiliki baju, sendal dan jilbab lebaran lalu idul fitri dibatalkan? wkwkwk, sape luuu nyonyah?

***

Jadi, jika anda telah menerima THR, saran ibu Raya nih untuk menghemat uang THR, manfaatkanlah sebaik mungkin. Nabung ayoook nabung. Karena gendutnya tabungan, kita yang rasa *eaaaaaa.

(Visited 1 times, 1 visits today)
%d blogger menyukai ini: